Jogja Trip #Budaya

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 6 Mei, keluarga kecil kita berkesempatan menjejaki kaki di Kota Jogja. Niat awalnya memang bukan untuk liburan atau merayakan ulang tahun si ayah yg kebetulan berulang tahun tanggal 6 Mei, atau pun ulang tahun saya tanggal 9 Mei. No..no..no..bukan karena itu, tapi karena alasan mengunjungi dokternya Qina di sana. Tapi akhirnya, dengan alasan "nyambi" itulah, akhirnya perjalanan ini kita anggap sebagai hadiah ulang tahun sekaligus liburan dari Allah..Alhamdulillah..Inilah yang dinamakan liburan nyambi...hihi..

Nah, berhubung ini adalah perjalanan keluarga yang membawa tiga kepala, maka budget pun harus dipikirkan dengan sebaik-baiknya dan sehemat-hematnya..hehe.. Akhirnya berbekal tiket promo airasia akhirnya kita pun sampai di Bandara Adi Sucipto Jogja..Yaaak..itulah jurus utamanya anak muda..hahaha... Jurus selanjutnya adalah pemilihan penginapan hotel yang "oke", oke lokasi, oke suasana, oke bangunannya dan yang penting oke harganya..hahaha.. Dan pilihan jatuh pada POP! hotel yang berada di dekat Tugu Jogja.



Nah, setelah sampai di kota Jogja, Alhamdulillah..kota ini ternyata di atas ekspektasi saya. Kota sederhana yang sarat nilai budaya, cantik dan bersih, itulah kesan pertama saya  mengenai Jogja.. Walaupun ternyata jalanannya kebanyakan kecil dan cuaca panas, tapi ini benar-benar kota yang menyenangkan dan layak untuk dikunjungi. Nah, ini beberapa destinasi kita saat jalan-jalan di sana, termasuk kota lain di sekitarnya ya..check this out..

CANDI BOROBUDUR
Candi ini berada di Kota Magelang, kira-kira satu jam dari kota Jogja. Candi Budha terbesar ini sangat layak untuk didatangi.





CANDI PRAMBANAN
Satu kata untuk candi hindu ini adalah cantik..Dan jika berkesempatan datang ke jogja lagi, ini adalah destinasi yang ingin saya ulangi kembali.



RATU BOKO
Dahulu, ini adalah istana yang berada dekat dengan candi prambanan. Kita bisa memilih paket prambanan-ratu boko di pintu masuk candi prambanan yang nantinya kita akan diantar jemput kendaraan menuju ke sana. Aaah..seandainya ke sana waktu sunset, pasti lebih indah. datang lagi aaah..suatu hari nanti.. :)





ULLEN SENTALU
Ini adalah sebuah museum seni dan kebudayaan Jawa. Museum yang berada di tengah hutan di lereng gunung merapi ini adalah museum tercantik yang pernah aku kunjungi. Sangat layak untuk dikunjungi..





MALIOBORO
Jalanan yang menjadi jantung kota Jogja ini memang sudah tak bisa dipisahkan dari kota Jogja itu sendiri. Di sini kita akan melihat becak, delman, dan para pedagang cendera mata yang berjualan di pinggir jalan. jadi, ini emang menjadi pusat para pencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tapi saya memilih untuk langsung ke Mirota batik saja yang berada di seberang pasar Beringharjo. Di sana plihannya sangat lengkap dan kita ckup ke satu tempat untuk membeli berbagai macam oleh-oleh kan..? hehe..

KERATON
Kita berkesempatan ditemani abdi dalamnya untuk mengunjungi Keraton Kesultanan Yogyakarta ini. Bahkan kita diajak ke sekolah batik di dekat sana. Sehingga kita tidak hanya melihat tapi lebih mengenal kebudayaan Yogyakarta ini..




Demikian beberapa destinasi budaya kita selama di Jogja. Banyak yang belum kita kunjungi, bahkan banyak yang ingin kita kunjungi kembali. Semoga suatu saat bisa kembali ke sana.. Dan untuk wisata kulinernya juga tak kalah menarik. Ini akan dibahas di postingan berikutnya..Hmmm..Yummy..





You Might Also Like

0 comments