Seo Moms Community, Komunitas Belajar SEO Secara Mudah dan Menyenangkan

SEO Moms Community (SEOMOC) adalah komunitas yang dibentuk untuk menjadi sarana belajar SEO khususnya bagi para blogger perempuan. Pendirinya adalah seorang praktisi SEO yang bernama M. Sahlan dan biasa dipanggil dengan Qbenk atau Bang Q.  Bang Q memulai komunitas ini sebagai wujud dedikasinya untuk almarhumah ibunda beliau. Di komunitas inilah bang Q berbagi ilmu SEO secara gratis, dengan materi dasar yang mudah dimengerti, mudah dipraktekkan dan berdasarkan pedoman webmaster Google sehingga blog mudah terindeks oleh mesin pencari.


SEO Moms Community

Jika berbicara tentang SEO, bagi seorang blogger pemula seperti saya, SEO itu seakan dunia yang sulit untuk dijangkau. Rasanya ilmunya sangat sulit dan memusingkan. Bukan hal yang mudah dan bisa dibayangkan bagi saya untuk mempelajarinya. Namun suatu hari saya mendengar tentang komunitas ini di postingan teman blogger di Instagram. Saya coba lihat dan follow. Metode pembelajaran yang hanya dikhususkan bagi perempuan inilah yang menarik minat saya. Karena selama ini, dunia SEO seakan didominasi oleh kaum laki-laki. Terbersit juga keinginan untuk mulai belajar di komunitas ini. Sampai akhirnya, pada bulan Oktober 2021, SEOMOC pun membuka kelas baru untuk batch 4. Wah, senang sekali mendengarnya. Saya pun memberanikan diri untuk mendaftar dan Alhamdulillah ternyata diterima, yeay..

Pengalaman belajar SEO bersama SEO Moms Community

Semua peserta yang diterima pun dimasukkan ke dalam satu grup whatsapp. Setelah masa perkenalan, materi pun diberikan oleh Bang Q. Materi-materinya disampaikan secara lengkap, rinci dan bertahap. Bahkan materinya juga mencakup platform yang berbeda, baik wordpress atau pun blogspot. Bahasa yang digunakan pun tidak terlalu sulit bagi pemula sehingga mudah untuk diikuti. Saya sendiri mencoba menuliskan kembali materi-materinya di buku untuk mempermudah saya memahaminya dan ini juga bisa menjadi catatan jika nanti ada yang terlupakan.
Selain itu, juga diadakan kopdar secara online yang berisikan penyampaian materi yang bisa dibarengi dengan praktek. Ini sangat membantu agar para peserta bisa mengerti dan memahaminya dengan lebih baik. Sampai akhirnya nanti peserta diberikan tugas ringan sebagai ajang praktek.
Selama belajar SEO di sini, ada beberapa penyampaian Bang Q yang menarik hati saya dan membuka mata saya.

“ SEO tidaklah serumit yang kita pikirkan, karena kunci utamanya adalah Google Search Console (GSC)”.

“ Google sama sekali tidak memberikan parameter apapun, google tidak bicara kualitas blog seperti DA atau PA. Namun hanya menganalisis blog kita sudah terindeks atau belum”

Jadi, yang selama ini DA atau PA-nya kecil seperti saya,  seperti diangkat dari sumur terdalam dunia per-blog-an ini, hehe.. Namun, tentu ada yang perlu dilakukan dan dipelajari, yaitu memahami cara kerja Google. Salah satunya adalah dengan memahami onpage dan offpage SEO yang diinginkan oleh Google.  Ya, secara logikanya, yang punya rumah adalah Google, maka sangat masuk akal jika aturan yang punya rumahlah yang perlu kita perhatikan bukan?

Mengenal SEO onpage

Mengenai onpage, Bahasa secara awamnya adalah merapikan tatanan halaman blog dan isinya sehingga mudah untuk dirayapi mesin pencari. Menurut penjelasan Bang Q, Google tidak membutuhkan pernak-pernik apa pun dalam blog, karena bot algoritma hanya dirancang untuk membaca struktur. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai SEO onpage ini, diantaranya adalah :
1.      Judul Blog atau Title
2.      Deskripsi Blog
3.      Deskripsi Penelusuran
4.      Tag no index txt
5.      Struktur Konten
6.      Permalink
7.      Tampilan dan struktur widget
8.      Page speed
Jadi, setelah mengikuti kelas ini, saya merasa tidak asal menulis lagi, namun, secara otomatis memperhatikan poin-poin penting yang disampaikan Bang Q agar tulisan mudah dirayapi Google.
Nah, begitulah pengalaman saya mengikuti kelas dasar SEO Moms Community di tahap pertama ini. Semoga nanti masih diberikan kesempatan mengikuti kelas-kelas seru selanjutnya. Jika ingin mengikuti kelas ini, dapatkan infonya di Instagram @seomoms atau di seo moms community.
Selamat bergabung dan happy blogging..!

 

 

 

 

 

 

 

 

 


You Might Also Like

0 komentar