5 Buku Ilustrasi Terbaik dan Menarik untuk Dibaca

Membaca buku adalah salah satu hobi yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, tidak semua orang bisa menikmati hobi yang satu ini. Bahkan menurut sebagian orang, deretan tulisan-tulisan tersebut malah membuat pusing. Jika kamu adalah salah satunya, mungkin buku ilustrasi bisa menjadi langkah awal untuk mulai menyukai buku. Jenis buku yang satu ini menghadirkan gambar-gambar yang menarik, dan mempunyai lebih sedikit tulisan, sehingga mudah dibaca. Dari beberapa buku ilustrasi yang pernah saya baca, ada beberapa yang menjadi favorit saya. Konsep ilustrasinya pun berbeda-beda tergantung dengan gaya masing-masing ilustratornya. Namun, walaupun memiliki sedikit tulisan, penyampaian kalimat yang mengena dengan bantuan visualisasi gambar yang menarik, tentu tetap bisa menyentuh para pembacanya. Beberapa di antaranya yang terbaik, menarik dan menjadi favorit saya adalah sebagai berikut :

Silly Gilly Daily oleh Naela Ali

Silly Gilly Daily

Silly Gilly Daily ini adalah buku ilustrasi karya ilustrator favorit saya yaitu Naela Ali. Ciri khas Naela Ali ini adalah gaya watercolor pada hampir setiap karyanya. Walaupun beberapa bukunya sudah saya baca, tapi Silly Gilly Daily ini sangat berkesan, karena menghadirkan keseharian yang sangat relate dengan keseharian kita. Bahkan hal detail kecil pun yang terkadang kita tidak perhatikan menjadi lucu dan menarik saat digambarkan pada buku ini. Bahkan saat saya membacanya, terasa hampir 90% keseharian Gilly ini mirip dengan saya. Aaah..terasa "gue banget" deh..  Sehingga membuat saya tersenyum kecil saat membacanya. 

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini oleh Marchella FP

Buku ilustrasi yang satu ini memang sangat terkenal. Dimulai dari postingan di instagramnya, Marchella berhasil menarik perhatian orang-orang  dengan gambar dan quote-nya. Tulisannya terasa sangat dalam tapi tidak menggurui. Ilustrasinya juga tampak sederhana tapi sangat menarik dan menyatu dengan tulisan-tulisan dan pemikiran yang dibawakan di sana. Ada ketenangan saat membaca buku yang satu ini. 

Sang pencipta baik sekali, mengingatkan mausia dengan berbagai cara. Diam , perhatikan, dan dengar. Mungkin ada pesan penting yang mau disampaikan..
Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Ketenaran buku ini pun berlanjut hingga difilmkan. Filmnya yang berjudul sama pun berhasil membawa penonton ke dunia NKCTHI dalam bentuk baru tapi tetap memuaskan. Bukan hanya film, merchandise tokoh yang ada di bukunya pun juga dijual dan saya pun tak pelak menjadi pembelinya, hehe..  Bahkan baru-baru ini buku kumpulan foto NKCTHI dalam versi layar lebarnya pun dikelaurkan juga, dan suami pun juga ikut membelinya. Bisa dibilang, Indonesia sempat mengalami demam NKCTHI saat itu. 

Menjelang Petang oleh Bang Gaber

Menjelang Petang

Buku ilustrasi yang satu ini menarik hati saya saat pertama melihatnya. Sesuai dengan judulnya, gambarnya menyajikan sentuhan warna di kala petang, khas dengan rona kekuningan. Dan yang tidak kalah menarik adalah kata-katanya yang sangat mengena. Permainan katanya sangat cerdas dan membuat yang membacanya seringkali merasa tersentil. 

Sebenernya apa alasan kita untuk sombong? Punya apa kita? Maaf pun kita tidak punya, hingga harus meminta kepada orang lain

Lewat kecintaan pada sentuhan gambar dan kata-kata banggaber inilah, saya mulai melihat instagramnya di @banggaber dan ternyata, instagramnya pun banyak menyuguhkan ilustrasi yang selalu mengena ini dan tak jarang membuat "jleb" yang membacanya. Sampai sekarang saya menyukai postingan di instagramnya dan menikmati permainan katanya yang selalu mengena ini. 

The Stories Of Choo Choo : You're not as Alone as You Think oleh Citra Marina

Buku yang satu ini tergolong kecil dan ringan. Dalam buku ini Citra Marina menciptakan karakter Choo Choo sebagai tokoh utamanya. Ilustrasi ini sendiri kebanyakan dibuat saat ia berangkat kerja menggunakan commuter line. Ilustrasinya sangat sederhana dengan warna yang juga sangat sederhana, yaitu didominasi warna biru dan merah. Namun, inilah yang membuat ilustrasi yang satu ini menjadi menarik. 

The Stories of Choo Choo


Selain itu, keseharian Choo Choo di sini dipadukan dengan kata-kata yang kadang tidak disangka, terkadang membuat kita mengangguk-angguk sembari tersenyum simpul. Bisa dibilang, buku ini cute dan punya daya tarik tersendiri. Tak banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, namun, ternyata tak bosan juga untuk membuka kembali dan menikmatinya. Bahkan anak saya yang masih berusia tujuh tahun saat itu pun sangat menyukainya. 

Every Day Is a Sunny Day When I Am with You oleh Bae Sung Tae

Every Day Is a Sunny Day When I Am with You

Buku yang satu ini memang bukan karya anak Indonesia, melainkan dari Korea Selatan. Buku ini paling tebal dan besar dibandingkan buku ilustrasi sebelumnya. Buku ini adalah kisah pasangan yang baru menikah dengan cerita manis mereka. Bagi yang sudah menikah, buku yang satu ini akan membuat kita tersenyum kecil. Bahkan bagi saya pun, hampir 90% ceritanya seperti menceritakan kehidupan pernikahn saya sendiri. Bahkan kesamaan kepribadian tokohnya pun hampir sama persis. Mungkin inilah salah satu hal yang membuat saya menyukainya buku yang satu ini. 

Namun, jika melihat secara objektif, buku ini pun tetap menarik. Ceritanya dan ilustrasi sangat hangat dan indah. Jadi, tidak rugi jika kamu membacanya. 

Itulah beberapa buku ilustrasi yang menarik bagi saya. Tentu ada beberapa buku yang lain yang juga bagus dan tak kalah menarik. Namun kali ini saya cukupkan dengan lima buku saja ya.. Semoga nanti bisa membuat rekomendasi yang lain lagi..

Selamat menikmati bacaanmu hari ini..


You Might Also Like

0 komentar