Bermain Air di Wahoo Waterworld

Beberapa waktu yang lalu, saya sekeluarga bersama keluarga dari saudara suami memutuskan untuk mengunjungi Wahoo Waterworld yang berada di Kota Baru Parahyangan. Totalnya kami sebanyak sepuluh orang. Waterboom ini adalah tempat permainan air terbaru di Bandung. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari rumah mertua. Sehingga memudahkan sekali untuk menuju lokasi. kami pun sudah datang sebelum jam buka, namun ternyata antrian mobilnya pun sudah panjang. Namun, jangan khawatir, saat jam buka, antrian mobil ini akan cepat jalannya. 




Namun ada beberapa hal yang membedakan Wahoo dibandingkan waterboom yang lain, salah satunya adalah bahwa para pengujung dibatasi hanya 1000 pengunjung saja per harinya. Selain itu, beberapa hal mungkin akan menjadi catatan penting akan saya jabarkan di bawah ya..

Pemesanan Online

Untuk pemesanan ke Wahoo Waterworld ini, sebaiknya dilakukan secara online. Hal ini bisa melalui website resmi Wahoo atau juga bisa melalui traveloka. Namun, apakah tetap bisa membeli tiket secara langsung? Jawabannya bisa, namun kuotanya sangat sedikit. Jadi, sebaiknya memesan secara online saja agar tidak kecewa kalau tiketnya habis ya. Untuk harga tiketnya bervariasi tergantung waktu yang dipilih. Biasanya berada di rentang harga Rp.100.000- Rp.150.000. Namun, biasanya akan ada promo yang cukup menurunkan harganya. Seperti saat kami memesan, yaitu di waktu liburan dan termasuk peak season, harganya yang seharusnya Rp.150.000 menjadi Rp.135.000.

Penukaran Tiket

Saat mendatangi tempat tiket, kita akan dibagi menjadi jalur pembelian online dan offline. Dalam satu kelompok keluarga, yang  mengantri cukup satu orang saja. Nanti selanjutnya akan diatur oleh petugas di sana untuk diteruskan ke bagian loketnya. Di loket tersebut akan dilakukan pengecekan dan penukaran tiket serta mendapatkan gelang. Gelang ini dikenakan deposit sebesar lima puluh ribu rupiah, yang nantinya bisa dikembalikan saat pulang. 

Gelang ini sebenarnya diperuntukkan untuk transaksi selama di dalam Wahoo, seperti pemesanan locker, gazeboo, ban maupun membeli makanan. Namun, tentu saja perlu dilakukan top up sebelumnya. Untuk top up akan tersedia beberapa tempat untuk melakukan top up tersebut. Karena kami berjumlah sepuluh orang, dan bisa saja terpisah saat melakukan kegiatan di sana, akhirnya diputuskan untuk mengambil tiga gelang. Untuk deposit yang ada di gelang tersebut akan bisa diambil kembali saat pulang. 

Setelah penukaran tiket selesai, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan barang-barang bawaan. Dilarang untuk membawa makanan dan minuman kemasan. Hanya minuman dalam tumbler yang diperbolehkan dibawa masuk. 

Pemesanan Ban, Gazeboo dan Locker

Ini adalah hal yang kabarnya simpang siur saat saya mencari info sebelumnya. Apakah kita harus bayar ban untuk menaiki wahana-wahana yang ada? Apakah gazeboo-nya harus diperpanjang setiap jamnya? Namun, saat kami datang barulah paham dan memang ada beberapa hal yang diubah sepertinya khusunya untuk gazeboo

Untuk ban yang perlu dibayar adalah ban yang digunakan untuk wave pool dan lazy river. Ban ini terdiri dari ban single dan double. Setelah pemesanan, kita akan diberi gelang. Dan kita akan menujukkan gelang saat pengambilan ban tersebut.

Selain ban, yang mungkin perlu dipesan apalagi jika terdiri dari rombongan yang cukup banyak, sepertinya perlu untuk memesan gazeboo. Gazebo ini seharga tiga ratus lima puluh ribu seharian. Jadi, tidak perlu lagi untuk memperpanjang per jamnya. Namun, jika tidak ingin memesan gazebo, tidak perlu khawatir karena sebenarnya banyak sekali tempat duduk yang bisa digunakan secara gratis yang tersedia di area Wahoo ini. 

Selain dua hal di atas, beberapa di antara kita tentu perlu untuk menyimpan barang agar aman di dalam locker. Di sini tersedia locker yang banyak yang lokasinya sama dengan tempat ruang ganti.

Menikmati wahana di Wahoo

Setelah mengganti baju renang dan mengunakan sunscreen, kami pun langsung mengincar wahana yang memacu adrenalin. Terdapat enam wahana yang sudah tentu membuat deg-degan, namun saat kedatangan kami, salah satunya sedang tidak bisa digunakan. Namun, selain itu banyak sekali wahana yang bisa kita nikmati selama di sini, wahan tersebut yaitu : 

Rocket Blast
Seperti namanya, wahana ini seperti menaiki roket yang sangat cepat. Bahkan di beberapa bagian terdapat tikungan tajan dan kita juga disembur air sehingga sulit untuk membuka mata. Ah, bukan sulit sih, tapi memutuskan untuk menutup mata, hehe.. Ini adalah wahana yang pertama kali saya coba di sana, dan saya hanya bisa ternganga saat sampai di bawah, saking kagetnya..hihi.. Namun, kenyataannya, saya terpaksa naik ini dua kali karena Qina minta naik lagi..hiks..terpaksa ikut lagiii..

Boomerango
Namanya mengingatkan kita akan bumerang bukan? Ya, memang betul, wahana ini seperti bumerang yang akan berbalik setelah dilemparkan. Namun yang menyeramkan di sini adalah bahwa turunan pertamanya itu sangat tajam sehingga kita akan merasa melayang saat itu. Aaaah... aku pasrah saat itu... Tutup mata saja..hahaha...

Abyss
Abyss adalah wahana yang seperti corong besar. Sangat jelas dilihat darimana saja wahana yang satu ini. Wahana yang sejenis sudah pernah saya coba sebelumnya di waterboom lain. Dan sepengalaman saya, ini juga sangat menyeramkan. Saat bolak-balik di dalam corong, rasanya kita akan terbalik. Dan benar saja, sebelum masuk corong, turunan yang sangat tajam sudah menanti, sehingga kami tentu saja turun dengan cepat dan mulai menaiki corongnya. Wah, yang saya katakan saat itu cuma, "ini juga seram Yah..ini juga seraaam..." hahaha..

Caterpillar
Seperti namanya berarti ulat, ya...Wahana ini panjang dan berbelok-belok seperti ulat. Jika boleh memilih wahana yang tidak terlalu seram di antara teman-temannya, saya akan memilih ini. Ya..bisa dibilang kita akan menikmati jalur yang panjang dan cukup seru dan bisa dinikmati tanpa terlalu takut.

Superbowl
Nah, ini adalah wahana yang seperti mangkuk besar. Namun, sayangnya kami tidak bisa mencoba wahana ini karena sedang perbaikan. 

Wave Pool
Seperti namanya, yaitu kolam ombak. Ini bisa dinikmati sekali sejam. Wahana ini menggunakan ban yang dipesan sebelumnya. Saya menggunakan ban single, sedangkan suami dan anak saya menggunakan ban double. Ombak yang ada di sini bisa sangat besar, bahkan bisa membalikkan ban kita. Oiya, kedalaman kolamnya akan semakin dalam bahkan mencapai 1,8 meter di ujungnya. Jadi, yang tidak bisa berenang seperti saya sebaiknya jangan turun dari ban saat berada di ujung ya. Saya sempat turun saat ombak berhenti dan ternyata kedalamannya melebihi tinggi saya. Saya terpaksa mencari pegangan ke ban yang terdekat dengan saya saat itu. untung saja saya bisa mencapai pegangannya. Saya menyadari bahwa kolam ini bisa sangat berbahaya, jadi sebaiknya tetap berhati-hati ya. Wajar saja jika petugas selalu siap sedia di pinggir kolam dan memantau selama digunakan. 

Lazy River
Kita mungkin mengenalnya sebagai kolam arus. Kita menaiki ban di jalur yang akan membawa kita berkeliling dan kembali ke titik awal. Sangat cocok jika ingin bersantai. Wahana ini juga menggunakan ban sewaan tadi ya.

Wahana Anak
Wahana anak ini juga dilengkapi dengan mini boomerango, rain fortress, splash zone dan kiddie island. Jadi anak-anak pun bisa merasakan sensasi wahana seperti wahana dewasa namun dalam bentuk mini. Selain itu juga merasakan area penuh air mancur dan seperti air hujan. Anak-anak jelas sangat betah di sini. 

Lagoon dan warm pool
Selain itu juga terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang dan menikmati air hangat. Namun, dari info saudara yang mencoba, airnya relatif sangat panas. Jadi saya yakin tidak akan kuat. Namun, saya melihat banyak sekali orang yang tenang menikmatinya.

Selain wahana, juga terdapat tempat yang menjual makanan di berbagai sudut di area Wahoo. Saat sekitar jam 12 saat itu, kami sudah mulai merasa lapar, akhirnya kami memutuskan memesan di tempat terdekat saat itu yaitu area food truck. Pembayarannya dapat dilakukan di kasir yang tersedia di sana dengan menggunakan gelang tentunya. Namun, selain food truck, kita juga bisa membeli makanan dan minuman di food court dan juga cafe. Setelah kenyang, tentu saja bisa lanjut bermain kembali. Bahkan kami bermain hingga pukul empat.

Setelah puas bermain, kami pun mulai mandi dan mengganti baju di ruang ganti. Ruang ganti yang tersedia juga sangat memadai. Jadi, saat saya ke sana juga sangat nyaman dan tidak mengatri. Alhamdulillah..

Oiya, satu hal yang penting, di sini juga tersedia mushalla ya.. Walaupun senang bermain, namun jangan lupa untuk sholat ya..

Setelah semua dirasa selesai, maka jangan lupa untuk refund dan mengembalikan gelang. 

Begitulah, pengalaman kami bermain air di Wahoo Waterworld. Alhamdulillah pengalamannya sangat menyenangkan, tidak ada yang cedera dan kami bisa kembali dengan selamat. 

You Might Also Like

0 komentar