Mengajarkan Anak tentang Iman dan Islam Lewat Buku

Saya menyadari bahwa mengajarkan dan memberikan pemahaman tentang iman dan islam kepada Qina adalah tugas besar dan bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya karena pemahaman Qina yang memang agak terlambat dibanding anak yang lain, namun juga karena ini berhubungan dengan konsep yang tidak terlihat. Berbeda dengan ilmu yang lain, seperti matematika dan IPA, yang relatif lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh Qina. Bahkan terkadang saya melihat bisa menyamai ataupun melampaui anak yang lain. Namun, jika membahas tentang konsep yang tampak tidak nyata, Qina jelas kesulitan. 

Memang untuk mengajarkan tentang kewajiban sholat, puasa dan ibadah lainnya masih bisa dilakukan dan diikuti oleh Qina. Namun, hal terberatnya menurut saya adalah konsep keimanannya, bagaimana ia mempercayai dan memahami tentang ketuhanan, malaikat, nabi, Al Quran, hari kiamat serta takdir yang telah ditulisakan Allah untuk semua makhlukNya. Bagaimana ia bisa mempercayai adanya Allah dengan sesungguhnya, memahami bahwa Allah itu ada dan mengatur seluruh alam semesta, dan tentang tugas manusia yang beribadah hanya kepadaNya. 

Untuk itu, beberapa cara sudah saya coba, mulai dari memperlihatkan video dan mengulang-ulang pengajaran. Namun, bisa dilihat bahwa ia tida terlalu memahami secara mendalam, hanya permukaan saja. Saya pun mencari buku yang membahas hal ini di toko buku ataupun lewat online. Bahkan saat sedang di toko buku, saya mengitarinya berkali-kali berharap jika ada buku yang bagus dan sesuai untuk Qina. Namun , saya tidak pernah merasa mendapatkan apa yang saya inginkan. Seringkali buku agama untuk anak-anak hanya berisikan pengenalan nabi, malaikat atau belajar tentang ibadah. Tidak ada buku yang mengajarkan tentang penanaman konsep keimanan dan ketuhanan  yang lebih mendalam.

Sampai suatu hari saya membaca postingan teman di instagramnya yang membahas tentang Buku Pintar Iman Islam (BPII). Membaca judul bukunya saja sudah membuat saya tertarik. Namun, ada beberapa hal yang membuat saya ragu. Pertama, harganya yang mahal. Buku ini memang bukan buku satuan, namun merupakan paket yang terdiri dari berbagai macam buku dan pendukungnya. Sehingga wajar saja harganya mahal. Hal kedua yang membuat saya ragu adalah, apakah Qina akan tertarik membaca buku ini? Akankah ini akan menjadi sia-sia saja, padahal harganya lumayan mahal? Namun, ada hal yang mengikis keraguan saya saat itu, yaitu pernyataan teman saya saat itu yaitu bahwa buku ini bukan hanya untuk anak, tapi juga untuk kita orang tuanya. Kita akan sama-sama belajar kembali. Jadi, buku ini memang bukan buku yang dibaca lepas oleh anak, namun bisa menjadi bacaan bersama dengan anak atau tepatnya belajar bersama anak. Ditambah lagi saat itu sedang ada diskon yang lumayan besar, sehingga hal yang membuat saya ragu  tersebut pun pupus sudah dan saya pun akhirnya memesan buku tersebut.


Apa saja isi buku pintar iman islam?

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa paket buku ini bukan hanya terdiri dari satu buku namun terdiri dari beberapa buku dan juga beberapa pendukungnya. Selengkapnya, akan saya jabarkan apa saja yang termasuk ke dalam paket Buku Iman Islam ini ya..

12 Buku Utama

Jika disederhanakan, 12 buku ini bisa dibagi menjadi 3, yaitu :
  • 1 buku pengenalan tentang iman dan islam secara menyeluruh
  • 6 buku yang membahas tentang rukun iman, yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada Alquran, iman kepada nabi dan Rasul, iman kepada hari akhir, serta iman kepada Qada dan Qadar. Satu buku akan mewakili satu rukun, dan akan dijabarkan secara lengkap didalamnya. 
  • 5 buku yang membahas tentang rukun islam, yaitu buku pintar syahadat, pintar sholat, pintar puasa, pintar zakat serta pintar haji. 
Hal yang menarik dari buku ini adalah cara memaparannya. Dimulai dari menyampaikan satu pertanyaan yang menjadi judul dan tema pembahasannya. Satu buku terdiri dari 28 pertanyaan atau tema. Satu tema ini akan dibahas dalam dua halaman. 

Halaman pertama berisi tentang:
  1. Penjelasan secara ringkas dan padat
  2. Amazing islam, yang berisi tentang kesimpulan
  3. Ajakan untuk menelusuri ayat Alquran yang membahas tema tersebut
  4. Daftar buku yang menjadi rujukan
Halaman kedua berisi tentang :
  1. Kisah siroh nabawiyah yang berhubungan dengan tema tersebut. Lewat kisah ini diharapkan anak akan terbawa dalam kesan yang lebih kuat sehingga membuat semakin ingat tentang tema yang dibahas tersebut.
  2. Komik pendek yang membahas tentang akhlak sehari-hari. Lewat komik ini tentu diharapkan mengingatkan kembali tentang ilmu akhlak kepada anak kita, baik akhlak kepada orang tua, teman, lingkungan dan makhluk Allah lainnya. 
Jadi, dari satu tema yang diberikan, dibahas secara ringkas, namun juga dalam, ditambah lagi dipaparkan secara menyenangkan untuk pembacanya. Dalam prakteknya, saya seringkali menemani Qina membaca buku ini. Dalam beberapa waktu ini, Qina pun sangat menyukainya. Saya sendiri menargetkan untuk membaca buku ini bersama Qina minimal selama 30 menit, namun kenyataannya selalu lebih karena Qina selalu minta "tambah". Hal ini membuktikan bahwa buku ini berhasil menjadi buku yang menyenangkan untuk dibaca.

Al Quran

Di dalam paket bpii ini, juga berisi satu buah Al Quran. Istimewanya Al Quran ini adalah setiap halamannya terdapat terjemahannnya, memiliki tajwid yang ditandai dengan warna yang berbeda, dan dilengkapi dengan intisari ayat-ayatnya.  Selain itu, hal-hal yang dibahas dalam bukunya, juga dibuatkan indeks sehingga mudah untuk mencari tema yang dibahas.

Kartu Ibadah

Kartu ibadah ini berisikan tentang petunjuk cara wudu' dan juga sholat yang dilengkapi oleh gambar sehingga memudahkan anak untuk memahaminya. 

Games Tawaf

Games ini adalah permainan sederhana yang mengambil konsep tawaf yang mengelilingi ka'bah. Namun, walaupun sederhana, permainan ini sangat seru untuk dimainkan bersama keluarga.

Puzzle Manasik Haji

Puzzle ini berisi gambar dan tulisan yang menerangakan tentang haji. Jadi, secara singkatnya, kita bisa belajar haji dengan cara yang menyenangkan. 


Miniatur Ka'bah

Miniatur ini mirip dengan ka'bah yang sebenarnya. bahkan bisa memperlihatkan adanya hajar aswad. Selain itu terdapat kegunaan yang tersembunyi yaitu sebagai tempat penyimpanan. Karena kenyataannya, miniatur ini beruba kotak yang bisa dibuka tutup, dan bisa menjadi tempat penyimpanan perlengkapan yang lain seperti puzzle dan kartu ibadah. Jadi, saya pribadi memberikan aplause untuk ide ka'bah ini. Prok..prok..prok...

Begitulah rangkaian isi paket Buku Pintar Iman Islam (BPII) ini. Menurut saya, buku ini sangat terstruktur dan menyenangkan untuk dibaca. Bahkan Qina pun juga menyukai tatanan penyampaian ilmunya. Walaupun sebenernya ilmu yang dipaparkan relatif berat, namun berkat tahapan dan pemaparan yang menarik, membuat buku ini menyenangkan untuk dibaca. 

Namun, hal penting yang perlu diingat adalah bahwa buku ini adalah bacaan bersama anak, dalam artian orang tua membimbing anak dalam memahami isi buku ini agar ilmunya dapat tersalurkan dengan lebih baik. Jadi saya pun mengusahakan untuk selalu menemani Qina untuk membaca dan membahas isi buku ini. Harapan saya, semoga buku ini dapat membantu Qina untuk lebih mengenal Penciptanya dan memahami tugas dan alasan keberadaannya di dunia ini. 

Semoga Allah meridhoi dan mengucurkan ilmu-Nya bagi kita dan anak-anak kita tentunya..


You Might Also Like

0 komentar