Semur Ayam Tahu

Resep ini seringkali jadi pilihan kalau lagi gak pengen masak yang ribet tapi tetap enak. . Karena ini didominasi rasa manis, suami biasanya request minta dibikinin sambel terasi plus tempe goreng. Ternyata klop banget loh..hehe.. Dan salah satu keistimewaannya adalah kalau belum habis, tinggal dipanaskan..dan rasanya makin maknyos..sluurrrp...


Naaah..selanjutnya ini dia nih cara bikinnya...

Pertama, persiapkan dulu bahannya..
1 ekor ayam dipotong 12. 
Ayam dicuci bersih dan buang kulitnya ya..Setelah itu lumuri dengan air cuka atau perasan jeruk nipis dan diamkan sebentar.
4 buah tahu ukuran sedang 
Potong dua dan digoreng, tapi jangan sampai terlalu kering 

Setelah itu, persiapkan juga bumbu-bumbunya ya..Ini dia niiih..
6 siung bawang merah, dihaluskan
3 siung bawang putih, dihaluskan
1 cm jahe diiris tipis
250cc kecap manis
garam dan merica secukupnya
tomat dipotong kasar
1 siung bawang merah, diiris tipis
2 buah cabe keriting atau cabe besar, diiris serong yaa..


Bahan dan bumbu sudah siap??? 
Okeeee...sekarang kita siap buat masaaaak...

Pertama, tumis dulu bawang merah dan bawang putih sampai harum. Setelah itu masukkan irisan jahe, tomat, kecap manis, merica dan garam.
Setelah mendidih, barulah masukkan ayam. Tunggu sampai ayam agak berubah warna yaaa... Setelah itu, baru masukkan air kira-kira 750cc. Lalu tutup panci dan tunggu ayam setengah matang. Setelah itu, barulah masukkan tahu. Tutup kembali panci dan tunggu sampai ayam empuk. 
Sebelum mematikan api, masukan irisan bawang merah dan cabe. Setelah agak layu, barulah matikan api.
Selesai deh...gampang kaaaan? 
Selanjutnya..masakan siap dihidangkan dan disantaaap...

Selamat mencobaaaa...


You Might Also Like

2 comments

  1. nyicip dong mbak:D
    males bikin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo..sini mba'.. dicoba..dicoba.. :D hehe..

      Delete